Bawaslu Kota Bogor Hadiri Workshop Sentra Gakkumdu Bawaslu RI Guna Persiapan Penegakan Hukum Dalam Pilkada Serentak 2024

trimedianews.com – Jakarta.Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar Workshop Sentra Gakkumdu Gelombang 4, pada Senin (7/10/2024) di Mercure Ancol, Jakarta.Kegiatan tersebut dilaksankan untuk mempersiapkan jajaran penegakan hukum dalam menghadapi tahapan kampanye Pilkada serentak 2024.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu RI, Puadi, membuka kegiatan tersebut dengan menegaskan bahwa jajaran Gakkumdu harus siap menghadapi berbagai tantangan yang mungkin terjadi di tahapan kampanye.Kegiatan diikuti Sentra Gakkumdu  Kab/Kota dari sejumlah provinsi termasuk dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Dalam kegiatan ini, Puadi juga menyoroti larangan dalam kampanye, terutama bagi calon petahana, antara lain, calon petahana dilarang melakukan pergantian pejabat, calon petahana tidak boleh memanfaatkan program pemerintah untuk kepentingan kampanye. “Di beberapa daerah sudah ada yang berjalan dalam penanganan pelanggaran pidana pemilihan. Semoga melalui workshop ini dapat berjalan dan semakin meningkatkan soliditas diantara seluruh unsur Sentra Gakkumdu,” ujarnya.

Sementara Kombes Pol. Burkan Rudi Satria SIK, Kasubdit 4 Bareskrim Polri, mengingatkan bahwa Sentra Gakkumdu harus segera mempersiapkan diri sejalan dengan tahapan kampanye yang ditetapkan oleh KPU. “Tindak pidana pemilihan diatur dalam UU No. 6 Tahun 2020, dan waktu penanganannya sangat singkat, oleh karena itu, kesiapan sejak dini sangat penting,” tegas Burkan.

Agus Angling Kusuma S.H., MHP perwakilan dari Kejaksaan Agung, juga menyampaikan “bahwa suksesnya Pemilu 2024 juga menjadi tanggung jawab Sentra Gakkumdu beserta seluruh unsurnya.Tingkat kerawanan diprediksi lebih tinggi, karena itu Sentra Gakkumdu harus lebih siap. Meskipun pidana pemilihan adalah ultimum remedium, pencegahan tetap menjadi prioritas,” ungkapnya.

Ia juga mengajak peserta workshop untuk mempelajari karakteristik masing-masing daerah demi pencegahan yang lebih efektif.

Sebelumnya Kabiro Fasilitasi Penanganan Pelanggaran Bawaslu RI, Yusti Erlina, menyampaikan laporan kegiatan dengan menjelaskan bahwa workshop ini digelar guna menyamakan persepsi dan meningkatkan soliditas tiga unsur Gakkumdu di seluruh tingkatan, dari pusat hingga kabupaten/kota. Melalui pembagian kelompok dalam workshop, diharapkan akan ada masukan konkret untuk langkah Gakkumdu ke depan.

Workshop ini menjadi upaya penting untuk menyinergikan seluruh elemen dalam Sentra Gakkumdu, guna menghadapi tantangan penegakan hukum di Pemilu 2024 yang semakin kompleks.

Sedangkan itu Supriantona Siburian Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran  Bawaslu Kota Bogor turut hadir bersama Sentra GAKKUMDU Kota Bogor, adapun unsur yang hadir Indra Gunawan Kasi Pidum Kejari Kota Bogor dan AKP Heriyanto Wakasat Reskrim Kota Bogor.

Anto siburian menuturkan, “kami akan mengikuti dan berpartisipasi penuh dalam Workshop GAKKUMDU selama 3 hari ini beserta teman-teman dari GAKKUMDU se Indonesia,”terangnya.



(Fhirman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *